RUANG LINGKUP MANAJEMEN HUMAS PENDIDIKAN



RUANG LINGKUP MANAJEMEN HUMAS PENDIDIKAN
 








Makalah
Diajukan Sebagai Tugas  Mata  Kuliah  Manajemen Humas Jurusan Tarbiyah  Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Kelompok 1 Semester 5

Oleh
Kelompok 4

A.ARFIANA AS
02163011


INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
BONE
2018

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan  kesempatan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan tugas makalah ini yang berjudul “Ruang Lingkup Manajemen Humas Pendidikan” tidak lupa pula salawat serta salam atas junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Serta kepaada keluarga, saudara, dan kerabatnya.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis menyadari masih banyak kesalahan yang dilakukan. Oleh karena itu, penulis meminta saran dan  kritik yang membangun sehingga kedepannya penulis dapat melesaikan hasil makalah yang lebih baik.
Semoga makalah ini dapat bermamfaat untuk menambah pengetahuan pembaca dan kita semua.
                Watampone, 23 Oktober 2018

                                                                                                           Penulis









DAFTAR ISI

SAMPUL                                                                                                            i
KATA PENGANTAR                                                                                     ii
DAFTAR ISI                                                                                                    iii
BAB I PENDAHULUAN                                                                                1
A.    LATAR BELAKANG                                                                     1
B.     RUMUSAN MASALAH                                                                 1
C.     TUJUAN`                                                                                         1
BAB II PENDAHULUAN                                                                               2
A.    PENGERTIAN HUMAS                                                                 2
B.     RUANG LINGKUP MANAJEMEN HUMAS PENDIDIKAN   3
BAB III PENUTUP                                                                                          6
A.    SIMPULAN                                                                                     6
B.     SARAN                                                                                            7
DAFTAR PUSTAKA                                                                                      8




BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Humas dalam pelaksanaannya memiliki ruang lingkup yang wajib diketahui oleh para praktisi humas saat ini. Ruang lingkup humas diperlukan agar dalam menjalankan kewajibannya sebagai humas, seorang humas menyadari kedudukannya serta apa saja yang menjadi wewenangnya. Karena tidak semua hal menjadi wewenang humas. Tapi, ada pihak lain juga yang terlibat. Jangan sampai ada pihak yang merasa terlangkahi oleh langkah seorang humas dalam menjalaniruang lingkup humas.
Manajemen humas dalam pendidikan merupakan mediator yang berada diantara pimpinan sekolah dengan publiknya. Selanjutnya ia mengatakan bahwa aktivitas tugas humas adalah mengelola komunikasi antara organisasi dengan publiknya. Jadi dapat dikatakan bahwa humas adalah aktivitas yang menghubungkan antara organisasi dengan masyarakat demi tercapainya tujuan organisasi dan harapan masyarakat dengan produk yang dihasilkan.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan humas?
2.      Apa saja ruang lingkup humas pendidikan?
C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian humas
2.      Untuk mengetahui ruang lingkup humas pendidikan


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Humas
Humas adalah usaha untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan masyarakat.
Menurut definisi kamus terbitan Institute of Public Relation (IPR), yaitu sebuah lembaga humas terkemuka di Inggris dan Eropa, terbitan November 1987,”Humas adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya”. Kegiatan Humas sama sekali tidak bisa dilakukan secara sembarangan atau mendadak. Tujuan Humas itu sendiri adalah untuk memastikan bahwa niat baik dan kiprah organisasi yang bersangkutan senantiasa dimengerti oleh pihak-pihak lain yang berkepentingan (khalayak atau publiknya).
Pada pertemuan asosiasi-asosiasi Humas seluruh dunia di Mexico City, Agusrtus 1987, ditetapkan definisi Humas sebagai berikut: Humas adalah sesuatu seni sekaligus disiplin ilmu sosial yang menganalisa berbagai kecenderungan, memprediksi setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap kegiatannya, memberikan masukan dan saran-saran kepda para pemimpin organisasi dan mengimplementasikan program-program tindakan yang terencana untuk melayani kebutuhan organisasi dan kebutuhan khalayak.
B.     Ruang Lingkup Humas Sekolah
Adapun ruang lingkup tugas humas dalam sebuah organisasi atau lembaga antara lain meliputi aktivitas sebagai berikut :
1.      Membina Hubungan Keluar (Publik Eksternal)

Yang dimaksud publik eksternal adalah publik umum (masyarakat). Mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif terhadap lembaga yang diwakilinya.
Hubungan Masyarakat Keluar (Humas Eksternal) turut menentukan keberhasilan kegiatan hubungan masyarakat suatu badan atau lembaga.
Berdasarkan macam-macam khalayak ini dikenal sebagai :
a.       Press Relations. Mengatur dan memelihara hubungan dengan pers yang kegiatannya seperti; melakukan siaran pers, konfrensi pers, wawancara dll.
b.      Government Relations. Mengatur dan memelihara hubungan dengan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah. Lembaga atau instansi resmi yang berhubungan dengan kegiatan sekolah.
c.       Community Relations. Mengatur dan memelihara hubungan dengan masyarakat setempat.
d.      Supplier Relations. Mengatur dan memelihara hubungan dengan para levaransir (pemborong), kontraktor agar segala kebutuhan perusahaan dapat diterima secara teratur serta dengan harga dan syarat-syarat yang wajar.
e.       Customer Relations. Mengatur dan memelihara hubungan dengan para langganan, sehingga hubungan itu selalu dalam situasi bahwa langgananlah yang sangat membutuhkan pendidikan, bukan sebaliknya.
2.      Membina hubungan ke dalam (publik internal)
Menurut Ruslan yang dimaksud dengan publik internal adalah ―publik yang menjadi bagian dari unit/badan/perusahaan atau organisasi itu sendiri.
Tujuan hubungan masyarakat ke dalam ialah pada hakikatnya untuk meningkatkan kegairahan bekerja para, guru, tenaga akademik, karyawan lembaga atau instansi yang bersangkutan. Sebagai garis besar dapat disimpulkan sebagai berikut, Internal public meliputi :
a.       Employee Relations. Memelihara hubungan khusus antara manajemen dengan guru dalam kepegawaian secara formal.  Misalnya mengenai penempatan, pemindahan, kenaikan pangkat, pemberhentian, pensiun dan sebagainya.
b.      Human Relations. Memelihara hubungan khusus antara sesama warga dalam sekolah secara informal, sebagai manusia (secara manusiawi) agar timbul rasa persaudaraan kesetiakawanan, dan nantinya aka memunculkanteam workyang baik untu mencapai tujuan instansi atau perusahaan.
c.       Labour Relations. Memelihara hubungan antara kepala sekolah dengan komite serta turut menyelesaikan masalah-masalah yang timbul. Mengadakan tindakan-tindakan preventif mencegah kesulitan-kesulitan yang timbul, karenanya turut melancarkan hubungan yang harmonis antara kedua belah pihak.
d.      Stockholder Relations, Industrial Relations. Sesuai dengan sifat dan kebutuhan sekolah yaitu mengadakan hubungan dengan para pemegang saham. Mereka yang membantu perusahaan atau suatu instansi tetap bertahan. Hubungan yang terjadi haruslah hubungan yang sangat baik. Tidak peduli besar atau kecilnya saham mereka.Untuk menjaga hubungan dengan para pemegan saham,kita bisa melakukan hal-hal sebaga berikut.
1.      Memberikan selamat kepada par pemegang saham yang baru agar merek merasa dianggap dan dihargai ole perusahaan atau instansi kita.
2.      Selalu memberikan laporan perkembanga perusahan secara berkala agar merek mendapatkan informasi perkembanga sahamnya dengan baik.
3.      Mengirimkan majalah perusahaan aga mereka mengetahui informasi-informas terbaru dalam perusahaan atau jug majalah ektern yang juga memberitaka tentang perkembangan perusahaa atauinstansi.
4.      Mengadakan pertemuan-petemuan aga tercipta hubungan yang harmonis, adany saling pengertian dan peningkata kepercayaan para pemegah saham.
Ruang Lingkup bidang kerja Humas di sekolah ini adalah dapat dikelompokkan dalam beberapa bidang yang meliputi:
a.         Koordinasi dengan Kepala sekolah dan unsur pimpinan lain.
b.        Kerjasama dengan BP/BK dalam menangani masalah kemampuan, minat dan kekeluargaan.
c.         Kerjasama dengan warga sekolah
d.        Kerjasama dengan tokoh masyarakat
e.         Kerja sama dengan aparat pemerintahan Kelurahan
f.         Menjalin silaturahmi antar Alumni
g.        Kerjasama dengan perguruan tinggi tentang kemajuan pendidikan
h.        Mengembangkan persaudaraan dengan lingkungan yang harmonis.
i.          Menjalin kerjasama dengan Kantin sekolah, pengurus OSIS tentang kebersihan lingkungan.
















BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Humas adalah usaha untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan masyarakat.
Ruang lingkup tugas humas dalam sebuah organisasi atau lembaga meliputi aktivitas sebagai berikut :
1.      Membina Hubungan Keluar (Publik Eksternal)
Berdasarkan macam-macam khalayak ini dikenal sebagai :
a.       Press Relations
b.      Government Relations
c.       Community Relations
d.      Supplier Relations.
e.       Customer Relations.
2.      Membina hubungan ke dalam (publik internal)
a.       Employee Relations
b.      Human Relations
c.       Labour Relations
d.      Stockholder Relations, Industrial Relations
Ruang Lingkup bidang kerja Humas di sekolah dapat dikelompokkan dalam beberapa bidang
a.         Koordinasi dengan Kepala sekolah dan unsur pimpinan lain.
b.        Kerjasama dengan BP/BK dalam menangani masalah kemampuan, minat dan kekeluargaan.
c.         Kerjasama dengan warga sekolah
d.        Kerjasama dengan tokoh masyarakat
e.         Kerja sama dengan aparat pemerintahan Kelurahan
f.         Menjalin silaturahmi antar Alumni

g.        Kerjasama dengan perguruan tinggi tentang kemajuan pendidikan
h.        Mengembangkan persaudaraan dengan lingkungan yang harmonis.
i.          Menjalin kerjasama dengan Kantin sekolah, pengurus OSIS tentang kebersihan lingkungan.
B.     Saran
Demikian makalah ini saya buat, semoga bermanfaat dan menambah ilmu bagi pemakalah khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya. Saya yakin bahwa makalah ini jauh dari kempurnaan. Oleh sebab itu, kritik dan saran dari Dosen pengampu dan para pembaca sangat saya butuhkan untuk kesempurnaan makalah ini. Saya selaku pemakalah mengucapkan permohonan maaf atas kekurangan dan kehilafan dalam penyusunan makalah ini.



PENUTUP
Putrianti, Ayu Chintiya. Ruang Lingkup Humas dalam https://ayuchintiyaputrianti.wordpress.com/2017/03/18/ruang-lingkup-humas/. 23 Oktober 2018
Rahmat, Abdul. Manajemen Humas Sekolah. Cet. I; Yogyakarta: Media Akademi, 2016.




Komentar